Daftar isi:

Chart Blank dan/atau AmiBroker Hang

Kalau chart blank setelah dibuka, dan/atau AmiBroker tidak responsif (tidak direspon ketika diklik), maka:

  • coba Anda quit AmiBroker. Kalau bisa, tunggu barang sekitar 10 detik, baru Anda buka AmiBroker lagi.
  • Setelah restart, kalau problemnya masih terjadi, maka quit AmiBroker, lalu buka Task Manager, dan end task semua proses AmiBroker yang ada di situ kalau ada. Lalu jalankan lagi AmiBroker.
  • kalau not responding ketika ditutup, maka buka Task Manager dan end task-kan dari situ. Setelah itu coba Anda bisa coba jalankan lagi.
task manager
Contoh beberapa proses AmiBroker yang masih berjalan sebagai Background process terlihat di Task Manager walaupun sudah quit AmiBroker.

Chart Blank dengan Error 47: Exception

Kalau chart blank dengan tambahan error seperti ini:

exception

Solusinya adalah restart AmiBroker seperti pada problem Chart Blank dan/atau AmiBroker Hang di atas.

Message Box: ODBC Driver returned the following exception: -1. Lost connection to MySQL server during query

Kalau Anda mendapati error ini:

ami-odbc-error
ODBC lost connection

Error ini terjadi karena AmiBroker menganggur (idle) selama beberapa waktu sehingga menyebabkan koneksi database diputus oleh server. Error ini biasanya tidak usah dihiraukan karena AmiBroker akan membuat koneksi baru.

Hanya saja, kalau error terjadi ketika dia membuat chart, ada kalanya chart tidak tergambar dengan benar sehingga Anda perlu me-refresh chartnya (tekan F5). Atau kalau error ini terjadi ketika Anda sedang menjalankan analisis, maka mungkin sebaiknya analisisnya Anda ulangi lagi untuk memastikan semua data yang dibutuhkan tersedia.

Message Box: ODBC Driver returned the following exception: -2

Kalau Anda mendapati error ini:

ami-odbc-exception-2

Biasanya, setelah error ini terjadi, maka untuk selanjutnya akan terus terjadi sampai AmiBroker di-restart.

Sebagai tambahan, mohon dicek di konfigurasi ODBC DSN Anda, pastikan disetel seperti di bawah ini sesuai petunjuk instalasi:

odbc3

AmiBroker Menampilkan Create Data Source Setelah Kita Memilih DSN, dan Kalau Di-cancel akan Gagal Mendapatkan Data

Seperti biasa AmiBroker akan menanyakan DSN yang mau kita pakai. Masalahnya, setelah kita memilih DSN quant_id, maka muncul dialog create DSN seperti ini:

odbc-create-dsn

Tentu kita cancel saja karena DSN nya sudah terkonfigurasi. Masalahnya, kalau kita cancel, AmiBroker akan gagal mendapatkan data untuk chart kita.

Penyebab:

Salah satu penyebab yang kami ketahui adalah karena jumlah koneksi ke database sudah terlalu banyak untuk user yang Anda pakai. Bisa jadi karena ada koneksi yang terputus tapi masih belum “bersih” di server, atau mungkin juga karena memang sedang dipakai orang lain.

Hal ini bisa diketahui dengan melakukan Test DSN. Dari dialog Create New Data Source to MariaDB di atas, Anda klik Next, lalu klik Test DSN. Kalau jumlah koneksi sudah terlalu banyak, akan muncul pesan seperti di bawah ini:

odbc-connection-exceeded

Solusi:

Satu-satunya solusi yang kami tahu adalah dengan Quit AmiBroker lalu menunggu beberapa lama (mungkin sekitar 10 menit) sampai koneksi yang menggantung timeout, lalu Anda coba lagi.

Setelah Anda quit AmiBroker, bisa juga Anda cek di Task Manager dan matikan (end task) AmiBroker yang berjalan di background. Walaupun ini tidak membuat koneksi database menjadi baik kembali, tapi bagus juga dilakukan karena tidak ada gunanya AmiBroker berjalan di background.

Iklan