Kami perkenalkan sistem foreign flow Quant.id, suatu sistem yang menganalisa pergerakan dana asing di BEI. Sistem ini mempunyai banyak fitur dan mungkin yang terpenting adalah, sistem ini dikembangkan secara open source yang artinya semua bebas memakai dan mengembangkannya. Tidak hanya itu, kami juga menyediakan data feed intraday dengan interval 5 menit yang juga bebas diakses.

Berikut adalah salah satu penampakannya.

Fitur-Fitur

Fitur-fitur sistem foreign flow Quant.id adalah sebagai berikut.

Open Source!

Sesuai dengan misi utama kami untuk mengembangkan semangat keterbukaan dan saling berbagi antar sesama trader/investor, maka skrip, chart, dokumentasi, dan bahkan datanya sekaligus kami kembangkan secara open source dengan lisensi GPL versi 3.

Dengan lisensi ini semua orang bebas melihat, mengunduh, memakai, merubah, dan mengembangkan kode sumber (source code) program secara gratis. Anda bekerja untuk institusi profit pun tidak masalah, Anda bebas memakai sistem ini.

Batasan dari lisensi GPL adalah kalau Anda merubah atau mengembangkan kode sumber, maka Anda wajib mempublikasikan kembali hasil pengembangan tersebut kepada publik. Dengan demikian maka pengetahuan yang disumbangkan ke masyarakat akan terus bertambah.

Pengembangan sistem Quant.id juga dilakukan dengan sepenuhnya terbuka. Semua kode sumber tersimpan di GitHub di https://github.com/stosia/quant.id. Anda bisa melihat dan mengunduh versi termutakhir, melihat isu-isu terkini, rencana pengembangan, dan berkolaborasi untuk mengembangkan sistem ini lebih lanjut.

Sumber Data Intraday yang Bebas Diakses

Salah satu keterbatasan utama yang dihadapi pengguna software charting seperti AmiBroker atau MetaStock adalah ketersediaan data yang ter-update secara real-time selama waktu trading.

Quant.id menyediakan solusi data yang cukup aktual, yaitu data intraday yang berinterval 5 menit. Ini bukan data daily yang diupdate setiap lima menit, tapi benar-benar data intraday yang bisa dipakai di chart intraday Anda. Kalau Anda tidak ingin chart intraday, tentu Anda tinggal switch ke mode daily di AmiBroker.

Data intraday ini tidak hanya terbatas pada data harga dan volume saham saja, tapi juga data foreign flow dan data-data lain yang akan kami sediakan di masa mendatang.

Dan semuanya kami sediakan bebas untuk diakses siapa saja.

Berbasis AmiBroker

amibroker

AmiBroker mempunyai fitur yang sangat kaya dari segi charting, koneksi dengan data eksternal, ekstensibilitas data, scan/eksplorasi/system testing/backtesting, dan bahasa pemrograman (AFL) yang powerful, dan kalaupun ini tidak cukup, ada SDK yang bebas dipakai untuk membuat plugin yang Anda inginkan.

Dengan AmiBroker, kita bisa membuat data apa saja, mengaplikasikan suatu indikator kustom untuk data tersebut, memvisualisasikannya secara indah ke dalam chart, dan/atau mengintegrasikan dalam strategi scanning, eksplorasi, dan backtesting/system testing.

Indikator Foreign Flow

Kami sediakan indikator-indikator yang berkaitan dengan foreign flow seperti

  • foreign balance (akumulasi kepemilikan asing),
  • net buy/sell,
  • foreign ratio,
  • average price kepemilikan asing,
  • foreign profit (berapa profit asing dari trading suatu saham)
  • moving average (default 5 dan 20, bisa diatur)
  • MACD
  • dsb.

Semua indikator tersebut bisa dijalankan dalam mode harian atau intraday.

Karena sistem menggunakan AmiBroker, maka pada dasarnya indikator apapun bisa kita buat sendiri untuk foreign flow. Inilah alasan kenapa kami memilih memakai platform analisis seperti AmiBroker. Di masa mendatang tentu indikator-indikator yang tersedia akan lebih dilengkapi lagi.

Foreign Flow Map

Salah satu tambahan chart foreign flow yang sangat berguna adalah foreign flow map. Pada dasarnya chart (atau lebih tepatnya plot) ini memetakan flow dana asing terhadap kenaikan/penurunan saham itu sendiri.

foreign-flow-map
Foreign flow map saham LQ45 periode 1 Jan 2017 – 8 Maret 2017

Sumbu Y adalah return (kenaikan harga) dalam persen, dan sumbu X adalah foreign flow dalam milyar (positif berarti net buy, negatif berarti net sell).

Dari plot di atas bisa kita lihat dengan cepat peta perdagangan dana asing, misalnya:

  • IHSG mengalami inflow yang besar (lebih dari 2.5T) dengan kenaikan/return yang tidak besar (masih dekat dengan 0%).
  • BBNI mengalami inflow yang luar biasa besar (lebih dari 3T), bahkan lebih besar dari IHSG sendiri, dengan kenaikan yang lumayan juga (sekitar 15%-an)
  • di sebelah atas tengah, SRIL mempunyai kenaikan yang luar biasa (75%) tapi asing malah outflow sedikit.
  • di sebelah kiri tengah, TLKM mengalami outflow yang luar biasa, namun penurunan harga sahamnya hanya sedikit.
  • dan sebagainya.

Kelebihan foreign flow map ini adalah:

  • bisa melihat dengan cepat peta perdagangan dana asing
  • bisa dijalankan dengan mudah, dengan beberapa klik saja.
  • periode analisis bisa diatur, bahkan bisa real-time selama jam trading untuk hari yang sama.
  • saham-saham apa yang dianalisis bisa diatur dengan mudah lewat watchlist.

Petunjuk Pemakaian

Agar artikel ini tidak terlalu panjang, kami memisahkan petunjuk pemakaian dalam artikel-artikel lain. Mohon dimulai dengan petunjuk instalasi.

Petunjuk Instalasi Sistem Foreign Flow

Sistem foreign flow ini adalah bagian dari sistem Quant.id, Anda bisa mendapatkannya dengan mengikuti Petunjuk Instalasi Sistem Quant.id.

Pemakaian Chart Foreign Flow

Silakan melihat artikel Panduan Pemakaian Chart Foreign Flow untuk informasi yang lebih mendalam.

Pemakaian Foreign Flow Map

Silakan lihat artikel Foreign Flow Map – Peta Dana Asing untuk informasi yang lebih mendalam.