Detil buku:

  • JudulFinancial Markets and Trading: An Introduction to Market Microstructure and Trading Strategies [Amazon] [OpenTrolley]
  • Oleh: Anatoly B. Schmidt
  • Hardcover: 208 pages
  • Publisher: Wiley; 1 edition (August 9, 2011)
  • Language: English
  • ISBN-10: 0470924128
  • ISBN-13: 978-0470924129

Buku ini mempunyai tiga bagian utama. Bagian pertama berisi pengenalan tentang detil pasar keuangan modern untuk ekuitas, valuta asing, dan pendapatan tetap. Juga dijelaskan tentang taksonomi dan istilah-istilah yang berhubungan dengan aspek microstructure dari bursa, yaitu yang berhubungan dengan traders, orders, bid/ask spread, liquidity, dan market structures. Juga dijelaskan tentang teori-teori dibalik dinamika pasar (order book), misalnya teori inventory, information based model, dan model-model lainnya.

Bagian kedua menjelaskan dasar-dasar dinamika pasar, termasuk distribusi statistik dan volatilitas pengembalian.

Bagian ketiga adalah tentang strategi, berisi ringkasan pendekatan yang digunakan dalam analisis teknis dan arbitrasi statistik serta deskripsi lebih rinci tentang kriteria kinerja perdagangan dan strategi pengujian ulang.

Gaya pembahasan penulis adalah mengutip teori-teori dari makalah-makalah ilmiah yang membahas topik tersebut. Gaya seperti ini cocok dipakai di bab-bab awal yang berisi pengenalan, karena dengan demikian kita bisa mengacu makalah aslinya kalau dibutuhkan, tapi menjadi sulit diikuti di bab-bab selanjutnya, karena penjelasan penulis sangatlah singkat pada suatu topik, lebih singkat dari makalah aslinya. Padahal motivasi saya membeli buku adalah untuk mendapatkan penjelasan yang lebih komprehensif dari membaca makalah ilmiah.

Buku ini juga banyak berisi formula matematika. Sayangnya, formulanya juga sangat sulit untuk diikuti, terutama untuk pemula seperti saya, karena penjelasannya sangat minim. Rasanya seperti penulis menyalin begitu saja formula-formula tersebut dari makalah-makalah ilmiah, tapi “lupa” menulis konsep dasar tentang formula tersebut. Sering malah penjelasan tentang simbol/notasi yang dipakai juga tidak ada.

Lebih buruk lagi, formula-formulanya sulit dilihat (blur) di Kindle.

Sebenarnya tujuan utama saya membeli buku ini adalah untuk mengail ide strategi yang bisa diterapkan pada data market microstructure, sesuai dengan judul buku ini. Dan walaupun banyak bab-bab yang isinya saya skip karena tidak mengerti, saya berharap bagian ketiga akan menjadi pamungkas. Alas isi bagian ketiga sangat jauh dari harapan tersebut, karena hanya berisi pendahuluan tentang penggunaan analisa teknikal dan arbitrasi dalam pengelolaan investasi.